Dokter Paru Malang, 5 Jenis Makanan Yang Baik Bagi Penderita Kanker Paru

dokter paru malang, penyakit asma dan pengobatannya
Dokter Paru Malang, Mengenal Penyakit Asma dan Pengobatannya
7 Mei 2018

Dokter Paru Malang, 5 Jenis Makanan Yang Baik Bagi Penderita Kanker Paru

dokter paru malang, makanan untuk penderita kanker paru

Kanker paru bisa menyerang siapa saja dengan berbagai usia dan gender. Kanker jenis ini merupakan salah satu jenis kanker yang cukup berbahaya dan bahkan dapat mengancam jiwa. Pada banyak kasus, kanker paru tidak menimbulkan gejala diawal pembentukan kanker.

Pengidap kanker paru sendiri biasanya baru akan mengetahui dirinya mengidap kanker pada saat sel kanker tersebut sudah memaski stadium 3 atau 4. Oleh karena itu, penyakit ini sulit untuk disembuhkan karena sel kanker telah menyebar ke organ tubuh lain.

Untuk penyebabnya sendiri, kanker paru diakibatkan oleh banyak hal. Namun penyebab utama dan yang paling sering terjadi adalah disebabkan karena paparan asap rokok, baik bagi perokok aktif maupun pasif. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya terpapar polusi udara, maka sel kanker akan lebih cepat untuk berkembang.

Sebagai upaya pengobatan, penderita kanker paru-paru diwajibkan untuk mengikuti seluruh prosedur pengobatan yang telah disarankan oleh dokter spesialis paru. Selain itu, mengkonsumsi jenis makanan yang bergizi dan sehat juga sangat dianjurkan untuk meminimalisir kanker paru menjadi semakin parah.

Makanan Yang Baik Untuk Penderita Kanker Paru

Adapun untuk jenis makanan yang baik untuk penyakit paru, berikut Dokter Paru Malang berikan daftar apa saja makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita kanker paru :

  1. Sayuran

Bagi penderita kanker paru, sayuran berwarna hijau merupakan makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Untuk sayuran berwarna hijau sendiri jenisnya misalnya berupa bayam, buncis dan brokoli.

Baca juga : Mengenal Jenis-Jenis Kanker Paru

Semua jenis sayuran tersebut dipercaya dapat mencegah penyakit kanker paru agar tidak bertambah parah. Karena itu, mengkonsumsi sayur-sayuran hijau akan sangat disarankan untuk dilakukan secara rutin.

  1. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian memiliki kandungan lemak omega 3 yang bagus untuk membatu tubuh melawan penyakit serta menjaga kesehatan organ paru dari sel kanker. Karena itu, dengan mengkonsumsi jenis makanan ini maka perkembangan sel kanker akan terhambat atau bahkan berhenti.

  1. Buah Delima

Buah delima mengandung banyak antioksidan dan senyawa asam elegic yang ampuh untuk melawan sel kanker. Selain itu, buah delima juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak sehingga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh bagi pasien penderita kanker paru-paru yang sedang berada dalam tahap penyembuhan.

  1. Buah Manggis

Didalam buah manggis terdapat kandungan senyawa xanthone yang ampuh untuk melawan tanda-tanda penyakit kanker paru. Selain itu, kulit buah manggus juga biasanya dimanfaatkan sebagai salah satu bahan herbal untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kanker.

  1. Sirsak

Jenis makanan yang terakhir yang baik untuk dikonsumsi pasien pengidap kanker adalah buah sirsak. Buah yang mengandung banyak antioksidan dan senyawa aktif ini dipercaya bisa menekan dan mengecilkan perkembangan sel kanker.

Baca juga : Perbedaan Kanker Paru dan Bronkitis

Cara untuk memanfaatkan sirsak untuk membantu pengobatan bisa dengan menggunakan daun buah sirsak. Rebus beberapa helai daun dan kemudian minum air hasil rebusan tersebut.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita kanker paru-paru. 5 (lima) jenis makanan diatas sebaiknya dikonsumsi setiap hari secara rutin untuk membantu proses penyembuhan. Selain itu, untuk pengobatan kanker paru-paru, Anda disarankan juga untuk mengkonsultasikannya pada dokter spesialis paru agar bisa mendapatkan pengobatan yang lebih baik dan cocok.

Dokter Spesialis Paru Surabaya

dr. Isnin Anang Marhana, Sp.P(K), FCCP, FIRS
e-mail : marhanadr@yahoo.com
Surabaya, Jawa Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *