Dokter Paru Malang, Mengenal Jenis-Jenis Kanker Paru

dokter paru sidoarjo, spesialis penyakit paru
Dokter Paru Sidoarjo – Pengertian, Penyebab, Gejala dan Pengobatan Pneumonia
14 April 2018
dokter paru sidoarjo penyakit asma
Dokter Paru Sidoarjo, Tipe-tipe Penyakit Asma, Gejala yang Timbul dan Pengobatannya
20 April 2018

Dokter Paru Malang, Mengenal Jenis-Jenis Kanker Paru

dokter paru malang spesialis kanker dan penyakit paru

Kanker Paru

Dokter Paru Malang – Kanker merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pertumbuhan abnormal dari sel-sel jaringan tubuh serta memiliki kemampuan untuk menyebar ke bagian tubuh lain dan beresiko berujung pada kematian. Hingga saat ini, kanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab utama kematian khususnya di negara-negara berkembang. Seperti di Indonesia, penyakit kanker masuk ke dalam tiga penyakit yang menjadi penyebab utama penderitanya meninggal dunia.

Tidak ada seorangpun yang menginginkan dirinya terkena penyakit yang sangat mematikan ini. Minimnya pengetahuan terkait penyakit kanker membuat penyakit ini terlambat untuk segera dideteksi dan akan semakin sulit untuk ditangani. Salah satu contoh kasus kanker paru-paru, menurut data dari WHO (World Health Organization) pada tahun 2014, insiden kanker paru-paru pada pria di Indonesia mencapai angka 21,8% atau sekitar 25.322 jiwa dari total keseluruhan 103.100 kematian akibat kanker pada pria, sementara itu untuk wanita hampir tiga kali lebih sedikit yaitu sekitar 9,1% atau 9.374 jiwa dari total 92.200 kasus kematian akibat kanker pada wanita.

(Baca : Macam-macam Penyakit Paru-paru dan Gejalanya)

Kali ini Dokter Paru Malang akan menjabarkan sedikit ulasan terkait penyakit kanker paru-paru, penyakit ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu :

  • Kanker Paru Sel Kecil

Small Cell Lung Cancer (SCLC) atau kanker paru sel kecil adalah penyakit kanker yang memiliki tingkat pertumbuhan dan penyebaran yang cepat, ini disebabkan karena penyakit paru sel kecil bekerja melalui pembuluh darah yang mengedarkannya menuju anggota tubuh lain. Kanker jenis ini turut menyumbangkan angka hingga 10-15% dari semua kasus penyakit kanker di tanah air.

  • Kanker Paru Non Sel Kecil

Non-Small Cell Lung Cancer (NSCL) adalah kanker dengan tipe yang paling umum dari kanker paru-paru. Tumbuh dan menyebar lebih lambat dari kanker paru sel kecil, dan apabila dapat dideteksi secara dini, pengobatan terhadap kanker paru non sel kecil ini dapat lebih cepat dilakukan.

Kanker ini memiliki 3 jenis subtipe utama, yaitu terdiri dari :

  • Sel Skuamosa Karsinoma

Kanker ini dimulai dari versi awal sel skuamosa, yaitu merupakan sel-sel datar yang melapisi bagian dalam saluran udara di paru-paru. Selain itu, kanker ini cenderung ditemukan di tengah-tengah paru-paru, dekat dengan bronkus.

  • Adenokarsinoma

Bentuk kanker yang paling umum, biasanya berawal di jaringan paru perifer dan cenderung tumbuh lebih lambat dari jenis kanker paru-paru yang lain.

  • Karsinoma Sel Besar

Sejenis kanker paru-paru yang cenderung tumbuh dan menyebar dengan cepat, sehingga akan lebih sulit untuk diobati.

(Baca : Dokter Paru Surabaya, Pengobatan Penyakit Paru Obstruktif Kronis)

Itulah sedikit ulasan dari Dokter Paru Malang mengenai penyakit kanker paru, penyakit yang beresiko kematian ini memang sepatutnya harus diwaspadai, karena bagaimanapun mencegah lebih baik daripada mengobati. Bagi Anda yang berdomisili di wilayah Surabaya, Malang, Sidoarjo, dan sekitarnya dan tengah memiliki masalah mengenai sistem pernafasan Anda jangan pernah ragu untuk segera mengkonsultasikannya pada kami selaku Dokter Spesialis Paru Malang. Untuk informasi lebih lengkap Anda dapat membaca laman resmi dokterparusurabaya.com atau mengunjungi langsung klinik tempat praktik Dokter Paru Malang disini.

Dokter Spesialis Paru Surabaya

dr. Isnin Anang Marhana, Sp.P(K), FCCP, FIRS
e-mail : marhanadr@yahoo.com
Surabaya, Jawa Timur

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *